-->

5 Hikmah Hari Raya Idul Adha Yang Perlu Diketahui

hikmah-hari-raya-idul-adha-yang-perlu-diketahui
Gambar : Hewan Kurban Hari Raya Idul Adha sudah dekat, apa persiapan menyambut kedatangan hari yang penuh dengan keutamaan dan hikmah ini?



Hari raya Idul Adha merupakan hari dimana seorang Nabi diuji keimanannya oleh Allah dengan memerintah Nabi Ibrahim A.S menyembelih putranya Nabi Ismail AS sebagai kurban.

Perintah Allah Kepda Nabi Ibrahim dalam Al-Qur’an:

قَالَ يَا بُنَيَّ إِنِّي أَرَى فِي الْمَنَامِ أَنِّي أَذْبَحُكَ فَانظُرْ مَاذَا تَرَى قَالَ يَا أَبَتِ افْعَلْ مَا تُؤْمَرُ سَتَجِدُنِي إِن شَاء اللَّهُ مِنَ الصَّابِرِينَ

Artinya: “Hai anakku sesungguhnya aku melihat dalam mimpi bahwa aku menyembelihmu “maka fikirkanlah apa pendapatmu? 

Wahai ayahku kerjakanlah apa yang diperintahkan kepadamu,  insyaAllah engkau akan mendapatiku termasuk orang yang sabar.” (QS Aa-saffat: 102)

Anak yang merupakan idaman seorang pasutri, merupakan buah hati, tentu dengan adanya perintah menyembelih putranya sangat berat untuk dilakukan.

Namun tidak dengan keimanan yang dimiliki oleh Nabi Ibrahim, beliau yakin dengan seyakin-yakinnya bahwa perintah yang diperoleh didalam mimpinya benar-benar perintah allah.

Dan perintah Allah adalah wajib hukumnya untuk dilakukan, sekalipun dengan menyembelih  putranya sendiri, yang sangat diberatkan.

Namun apa yang terjadi, Saat pedang yang dipegang Nabi Ibrahim hampir sampai pada kulit Nabi Ismail, Allah berfirman memerintahkan untuk menghentikan penyembelihan.

Sebagai ganti atas ketaatan Nabi Ibrahim, Allah mengganti kurban dengan seekor Kambing dan allah mengecap Nabi Ibrahim serta Nabi Ismail sebagai orang yang beruntung

Apakah yang dapat kita petik dari secercah cuplikan mengenai Nabi Ibrahim dan Nabi Ismail, serta apakah hikmah yang dapat kita ambil?

Silahkan baca hikmah dari hari raya idul adha serta kajadian yang dialami oleh Nabi Ibrahim dan Nabi Ismail dibawah Ini.

7 Hikmah Hari Raya Idul Adha ( Hari Raya Kurban) Yang Perlu Diketahui

Banyak sekali hikmah yang kita ambil pelajaran dari kisah diatas, secara umum hikmah daripada Hari Raya Idul Adha Sebagaimana berikut :

1. Belajar Menjauhi Cinta Dunia

Dengan menunaikan ibadah kurban seseorang akan belajar bagaimana mengikhlaskan harta yang dikurbankan kepda orang lain, yang pada dasarnya manusia sangatlah berat untuk mengeluarkan harta sekalipun serupiah.

Selain itu, dengan mengeluarkan kurban dapat menambah ketaqwaan seorang muslim kepada Allah serta yakin bahwa Allah akan menggantinya dengan yang lebih besar.

2. Menambah Kerukunan Sosial
Dengan memberikan daging kurban kepada orang lainnya, akan menimbulkan saling mencintai dan menghargai antar sesama muslim, lebih-lebih daging kurban diberikan kepada fakir-miskin.

Daging merupakan keistimewaan bagi mereka yang tidak mampu, sekaligus ahlul bait menjadi salah orang yang bermanfaat kepada orang lain.

3. Melatih keimanan
Sebagai muslim sejati perlu sekali untuk mempertahankan keimanan sekalipun mau ditukar dengan harta yang berlimpahan.

Karena imam kepada Allah, adalah kesaksian seorang bahwasannya tidak ada tuhan kecualinya, tidak ada yang kuasa, tidak ada yang benar kecuali Allah semata.

4. Mensucikan Diri
Dengan kerendahan hati ikhlas mengeluarkan kurban, maka hati akan lebih bersih daripada sebelumnya, dalam maksut dijauhkan dari sifat sombong dan riya, sebab dengan berkurban akan mengerti dan merasa bahwasannya yang ada dibumu hanyalah titipan sementara.

Dengan kesucian diri tidak berprasangka buruk tetap khusnudzon pada orang lain, hidup akan terasa nyaman dan tenang.

5. Penyelamat Kelak Diakhirat

Mengeluarkan kurban, tidak akan sia-sia karena kelak hewan kurban akan menjadi tunggangan yang akan menyalamatkan seseorang dari api neraka, dengan kata lainya hewan kurbam akan menyelamatkan kita kelak diakhirat.

Menurut pendapat ulama seekor kambing dapat dikendarai oleh satu orang, kemudian satu ekor sapi dapat ditunggangi sebanyak 6 orang orang. Sungguh Allah maha adil dan bijaksana.

Itulah cuplikan Hikmah Hari Raya Idul Adha, semoga kita dapat meneladani sosok Nabi Ibrahim serta Nabi Isma'il, dalam menjalankan dan menjaga keimanan hanya kepada Allah Swt.

0 Response to "5 Hikmah Hari Raya Idul Adha Yang Perlu Diketahui"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Close2X