-->

5 Tips Agar Rumah Tangga Harmonis Dan Mendapat Ridho Allah

cara-membina-keluarga-agar-harmonis-damai
Keluarga Harmonis
Sahabat seiman yang di muliakan Allah, membangun rumah tangga yang harmonis memanglah banyak lika-liku dan hiruk-pekuk yang harus kita jalani.


Ketika dibilang mudah memanglah sangat mudah tetapi jika dibilang sulit memanglah sulit, karena dalam menjalani kehidupan tidak ada yang instan pasti penuh coba'an yang perlu kita terjang.

Kesabaran, seperti yang saya ungkap ditulisan sebelumnya adalah kunci utama kesuksesan untuk mencapai kaharmonisan dalam keluarga.

Dengan kesabaran InshaAllah segala sesuatu akan berjalan dengan mudah, sebab Allah senantiasa melindungi dan memberikan rahmat padanya.

Dan di antara tanda-tanda kekuasaan-Nya ialah Dia menciptakan untukmu isteri-isteri dari jenismu sendiri, supaya kamu cenderung dan merasa tenteram kepadanya, dan dijadikan-Nya diantaramu rasa kasih dan sayang. Sesungguhnya pada yang demikian itu benar-benar terdapat tanda-tanda bagi kaum yang berfikir.  (Q.S. Al-Rum (30) : 21)

Lantas bagaimana langkah-langkah untuk membangun keluarga yang harmonis? Silahkan baca tulisan ini sampai selesai.

Tips Agar Rumah Tangga Harmonis Dan Mendapat Ridho Allah.

1. Menjaga dan Merawat Istri
Bagi para lelaki istri adalah hiasan paling berharga maka jangan sekali-kali membohongi atau membual terhadap istrinya, jawablah dengan nada rendah saat istri bertanya berikan dan tuntunlah istri menjadi istri yang shaleha.

Karena seperti yang kita ketahui bersama perempuan adalah ibarat kayu bengkok, yang tidak dapat diluruskan secara spontan, karena jika dipaksakan akan berakibat fatal, tetapi tuntunlah dengan penuh kasih sayang.

Sebagaimana dalam Hadist :

الدُّنْيَا كُلُّهَا مَتَاعٌ, وَخَيْرُ مَتَاعِ الدُّنْيَا الزَّوْجَةُ الصَّالِحَةُ

Artinya : "Dunia itu penuh dengan kenikmatan. Dan sebaik-baik kenikmatan dunia yaitu istri yang shalihah."
Maka jika satu kunci diatas dijadikan pedoman insha allah terbentuklah keluarga yang damai, aman, tentram dan harmonis.

2. Istri Yang Selalu Mendo'akan Suami
Bagi sahabat muslimah yang berbahagia, janganlah kita sebagai seorang muslimah juga selalu berambisi agar cepat bergelimangan harta, syukurilah penghasilan suami do'akanlah suami.

Mencari nafkah adalah tugas seorang suami, sekalipun tidak menutup kemungkinan seorang istri berperan penting dalam mencukupi keluarga.

Tetapi ingatlah wahai sahabat salah satu untuk mendapatkan ridho dari Allah memperoleh rezki yang berkah adalah dengan banyak mendo'akan suami dimanapun dan kapanpun.

Baca : 5 Amalan Dapat Melapangkan Rezki Yang Sempit

Selain itu mendoakan suami akan menambah hubungan bathin yang nantinya akan menjadi pondasi dalam berkeluarga, saling mempercayai sehingga timbullah sebuah keharmonisan.

3. Saling Berbagi Kemesraan
Pasangan yang ingin membangun rumah tangga bahagia, janganlah melupakan kemesraan, dengan kemesraan dan keihlasan kasih sayang yang diberikan antara pasutri insha allah datanglah sebuah kedamaian dan keharmonisan.

Kemesraan juga contohkan oleh Rasulullah saat bersama Siti Aisyah dalam hadist :

كُنْتُ أَشْرَبُ وَأَنَا حَائِضٍ, فَأُنَاوِلُهُ النَّبِيَ فَيَضَعُ فَاهُ عَلَى مَوْضِعِ فِيّ وَ أَتَعَرَّقُ العَرَقَ فَيَتَنَاوَلُهُ وَ يَضَعُ فَاهُ فِي مَوْضِعِ فِيّ

Artinya : "Suatu ketika aku minum, ketika itu aku sedang haidh, lantas aku memberikan gelasku kepada Rasulullah dan beliau meminumnya dari mulut gelas tempat aku minum. Dalam kesempatan lain aku memakan sepotong daging, lantas beliau mengambil potongan daging itu dan memakannya tepat di tempatku."

4. Tidak Memanggil Namanya
Memanggil bagi pasangan suami istri merupakan salah satu pendukung untuk membangun keluarga yang harmonis, maka janganlah sekali-kali memanggil namanya jangan memanggil dengan nama panggilan yang tidak baik.

Bagi Istri perlu untuk menjaga akhlaq kepada suami, begitupun dengan suami perlu menghormati istri dimanapun dan kapanpun. Salah satunya dengan tidak memanggil dengan panggilan yang tidak baik atau memanggil dengan nama aslinya.

Maka jauhi untuk memanggil nama istri atau suami, dengan begitu kemesraan dan keharmonisan dalam keluarga akan terbentukbentuk dengan sendirinya.

5. Saling Menjaga Perasaan

Sahabat pasutri perlu kiranya dalam membina keluarga menjaga perasaan antara suami maupun istri jangan pernah mengungkit atau apa saja yang sekiranya pasangan akan terbawa perasaan.

Sehingga berakibat keharmonisan dalam keluarga sedikit demi sedikit terkikis, maka dari itu saling menjaga perasaan sesama pasangan akan membawa keluarga menuju keluarga yang damai dan harmonis.

Itulah yang dapat saya sampaikan mengenai rumah tangga agar lebih harmonis, sekian dulu. Kurang lebihnya mohon maaf.

0 Response to "5 Tips Agar Rumah Tangga Harmonis Dan Mendapat Ridho Allah"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Close2X