-->

Hal Yang Dapat Terjadi Setelah Factory Reset Atau Kembali Kesetelan Pabrik


Wafa Info | Hai berjumpa lagi iya, kesempatan kali ini akan sharing atau berbagi info hal-hal yang biasanya dianggap sepele tetapi bisa berakibat buruk alias dapat berakibat fatal dikemudian.

dampak-yang-dapat-terjadi-kembali-kesetelan-pabrik
Gambar : Ilustrasi

Pernahkah kawan sekalian me reset ulang handphonenya kembali kesetelan pabrik? Biasanya nih, Factory Reset atau kembali ke setelan pabrik ini sering dilakukan bila handphone hendak dipindah tangan, dengan anggapan agar file yang dimilikinya terhapus dan memori handphone dapat dipastikan kosong.


Tetapi bagaimana jika file yang terhapus itu dapat kembali lagi saat di backup? file yang dimaksud ialah dapat berupa gambar atau foto, video maupun lainnya. Bagaimana jika file tersebut merupakan file privat yang sangat perlu dijaga kerahasiaannya?

Perlu diketahui ada seorang peneliti mengatakan bahwa handphone yang di Factory  Reset atau Di kembalikan ke setelan pabrik, file yang terhapus dapat di backup dan ada beberapa kejadian juga saat membackup file di handphone bekas yang baru dibeli sebagian file tidak dikenal muncul alias terbackup.

Maka, apabila handphone kawan hendak dijual apabila handphonenya berisi file privat alias file rahasia, semisal gambar maupun video, saat setelah melakukan Factory Reset dianjurkan untuk melihat file-file yang ada di file manager handphone untuk memastikan file memang benar benar kosong.

Kejadian ini, menurut yang sudah meneliti dapat terjadi dibeberapa merk handphone android. Nah, ada beberapa hal yang menurut admin perlu di cek kembali saat setelah melakukan factori Reset atau kembali kesetelan pabrik yang berdampak file dapat terbackup kembali silah simak beberapa dibawah ini.

Hal Yang Dapat Terjadi Setelah Factory Reset Atau Kembali Kesetelan Pabrik


1. File dapat terbackup kembali karena handphone masih terhubung dengan email pemilik handphone, ini dapat di cek di aplikasi google foto, google drive dan aplikasi penyimapanan lainnya.

Apabila aplikasi tersebut sudah terhubung dengan email biasanya secara otomatis file seperti gambar, foto, video dan lainnya secara otomatis terbackup ke penyimpanan tersebut.

Biasanya, sekalipun handphone di Factory Reset, file yang sudah terbackup kedalam aplikasi tersebut tetap tersimpan dan tidak terhapus, jadi saat handphone terhubung dengan email kembaly maka file tersebut juga akan kembali atau terlihat.

2. File Tersembunyi, file tersembunyi biasanya adalah file yang keberadaannya disembunyikan oleh pemiliknya dalam handphone tersebut.

Yang perlu diwaspadai adalah dampak yang dapat terjadi saat handphone selesai di Factory Reset, file tersembunyi tersebut tidak terhapus atau masih tetap tersimpan di penyimpanan tersembunyi. Sehingga saat di backup file tersebut bisa jadi dapat kembali ke penyimpanan semula.

3.  Lakukan enkripsi dan Factory Reset 2 sampai 3 kali, dengan cara ini dapat dipastikan file yang masih tersimpan dalam handphone, memang benar-benar terhapus bersih.

Untuk cara enkripsinya sangat mudah sekali kawan hanya perlu masuk ke Pengaturan Handphone pilih menu Security dan Pilih menu Encrypt Phone.


Dengan 3 perihal tersebut diatas,  file yang dimungkinkan dapat terbackup, sudah dapat dinyatakan tidak akan terbackup kembali, sehingga file privat tersebut aman dari orang-orang yang tidak bertanggung jawab.

Mungkin hanya itu sharing-sharing kali ini, semoga bermanfaat kurang lebihnya mohon maaf yang sebesar-besarnya.

0 Response to "Hal Yang Dapat Terjadi Setelah Factory Reset Atau Kembali Kesetelan Pabrik"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Close2X