-->

Bacaan Niat Shalat Hari Raya Idul Adha Dan Dzikir Yang Sering Dilupa

Pertemuan kali ini admin akan berbagi beberapa hal yang sering dilupa oleh kebanyakan orang yaitu niat shalat hari Raya idul Adha dan Dzikir.

bacaan-niat-shalat-hari-raya-idul-adha-dan-bacaan-dzikir-yang-dianjurkan
Gambar : Masjidil Haram
Salah satu penyebab lupa ialah dikarenakan hari Raya Idul Adha ialah; Dilakukan satu kali dalam setahun, tidak mengkaji kembali, tidak diajarkan kepada orang lain.

Dengan tidak melalaikan salah satu diatas insha Allah akan selalu ingat bacaan niat maupun dzikir yang dianjurkan dibaca saat shalat ied.

Salah satu diantara yang sering dilupa oleh kebanyakan orang ialah mengenai baca'an niat dan bacaan disela-sela takbir yang sebanyak 7 kali.

Maka dari itu akan admin tuliskan secara singkat dan rinci.

Bacaan Niat Shalat Hari Raya Idul Adha dan Bacaan Do'a Yang Sering DilupaPertama Bacaan Niat Menunaikan Shalat Idul Adha

Ketika yang menunaikan shalat ied menjadi ma'mun bacaan niatnya seperti dibawah ini:

اُصَلِّى سُنُّةً  عِيْدِالْاَضْحَى رَكْعَتَيْنِ مُسْتَقْبِلَ الْقِبْلَةِ مَأْمُوْمًا ِللهِ تَعَالَى

Ushalli Sunnatan Iedhil Adha Rakataini Mustaqbilal Qiblati Ma'muuman Lillahi Ta'alaa

Artinya : "Saya niat sholat sunnah idul adha dua raka'at menghadap kiblat sebagai ma'mum karena Allah Ta'ala Niat Sholat Sunah Idul Adha sebagai Imam"

Kemudian jika yang menunaikan menjadi Imam bacaannya seperti dibawah ini, ( mengganti lafdz ma'muman menjadi Imaaman)

اُصَلِّى سُنُّةً عِيْدِالْاَضْحَى رَكْعَتَيْنِ مُسْتَقْبِلَ الْقِبْلَةِ اِمَامًا ِللهِ تَعَالَى


Ushalli  Sunnatan 'Iedhil Adha Ra'ataini Mustaqbilal Qiblati Imaman Lillaahi Ta'aalaa

Artinya : "Saya niat sholat sunnah idul adha dua raka'at menghadap kiblat sebagai imam karena Allah Ta'ala."

Itulah mengenai bacaan niat bagi yang menjadi ma'mum dan menjadi imam saat menunaikan ibadah shalat Hari Raya Idul Adha.

Kemudian bacaan yang juga sering dilupa saat menunaikan ibadah shalat ied ialah dzikir yang dibaca pada saat sela-sela takbir sebanyak 7 kali atau disebut dengan

Setiap selesai takbir, maka disarankan untuk membaca dzikir sampai takbir ke enam, untuk takbir yang ke 7 membaca al-fatihah seperti shalat lima waktu.


سُبْحَانَ اللَّهِ وَالْحَمْدُ لِلَّهِ وَلَا إلَهَ إلَّا اللَّهُ وَاَللَّهُ أَكْبَرُ . اللَّهُمَّ اغْفِرْ لِي وَارْحَمْنِي


Subhaanallah Wal Hamdulillah Wa laa Ilaha Illallah Wallahu Akbar

Artinya : “Subhanallah wal hamdulillah wa  laa ilaha illallah wallahu akbar. Allahummaghfirlii war hamnii (Maha suci Allah, segala pujian bagi-Nya, tidak ada sesembahan yang benar untuk disembah selain Allah. Ya Allah, ampunilah aku dan rahmatilah aku).”

Baca : Dalil-dalil Anjuran Melaksanakan Kurban Yang Perlu Diketahui

Bacaan tasbih ini, diulangi setelah berdiri dari sujud kesua, dengan melakukan takbir sebanyak 5 kali, yang mana  tasbih dibaca seusai takbir, sampai takbir yang ke empat kali, lalu dilanjut seperti shalat biasanya.

Itulah bacaan niat shalat hari raya idul adha serta dzikir yang sering dilupa, semoga tulisan ini bermanfaat kurang lebihnya mohon maaf yang sebesar-besarnya. Sekian terimakasih.

0 Response to "Bacaan Niat Shalat Hari Raya Idul Adha Dan Dzikir Yang Sering Dilupa"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Close2X