-->

Dalil-dalil Perintah Melakukan Kurban Dalam Al-Qur'an Dan Hadist

dalil-alquran-hadist-anjuran-melakukan-kurban
Gambar Sapi Kurban
Blogbaya--Sebagai muslim sejati perlu sekali untuk mengetahui asal usul diperintahkan melaksanakannya kurban baik sejarahnya maupun perintahnya didalam Al-Qur'an dan Hadist.


Dengan mengetahui perintahnya maka akan menambah keyakinan atau keimanan tersendiri untuk melaksanakannya apalagi perintah tersebut tertera dalam al-qur'an dan hadist.

Perintah untuk melaksanakan kurban sudah jelas didalam Al-Qur'an dan Hadist, yang dapat digunakan sebagai pedoman, referensi untuk kehidupan dan menjawab pertanyaan bagi umat yang belum faham dan mengerti.

Maka dari itu beberapa dalil-dalil yang saya kumpulkan ini, dapat dijadikan bahan pelajaran bagi sahabat sekalian untuk mengetahui dan mempermudah dalam mempelajari maupun menghafalnya.

Dalil Perintah Melakukan Kurban Dalam Al-Qur'an dan Al-Hadist

Perintah melakukan kurban Dalam Al-Qur'an
Dalam Al-Qur'an perintah untuk melaksanakan kurban tersapat pada pada beberapa surah, yang pertama dalam didalam surat :

Al-Hajj Ayat 34 sampai 35

وَلِكُلِّ أُمَّةٍ  جَعَلْنَا  مَنْسَكًا   لِيَذْكُرُوا اسْمَ اللهِ  عَلَى مَا  رَزَقَهُمْ  مِنْ بَهِيمَةِ اْلأَنْعَامِ  فَإِلَهُكُمْ إِلَهٌ  وَاحِدٌ فَلَهُ أَسْلِمُوا  وَبَشِّرِ الْمُخْبِتِينَ.  الَّذِينَ إِذَا ذُكِرَ اللهُ  وَجِلَتْ قُلُوبُهُمْ  وَالصَّابِرِينَ عَلَى مَا  أَصَابَهُمْ  وَالْمُقِيمِي  الصَّلاَةِ  وَمِمَّا  رَزَقْنَاهُمْ  يُنْفِقُونَ.

Artinya : Dan untuk-tiap umat, telah kami syari'atkan penyembelihan, Agar mereka menyebut nama Allah terhadap binatang ternak yang telah direzkikan Allah kepada mereka, maka Tuhanmu ialah tuhan yang maha satu, karena itu berserah dirilah kamu kepada-Nya.

Dan berilah kabar gembira kepada orang-orang yang tunduk patuh (kepada Allah). (yaitu) orang-orang yang apabila disebut nama Allah gemetarlah hati mereka,


orang-orang yang sabar terhadap apa yang menimpa mereka, orang-orang yang mendirikan sembahyang dan orang-orang yang menafkahkan sebagian dari apa yang telah Kami rezkikan kepada mereka.”

Ash-Shaffat ayat 103 sampai 107


فَلَمَّا  بَلَغَ  مَعَهُ  السَّعْيَ  قَالَ  يَابُنَيَّ  إِنِّي أَرَى  فِي الْمَنَامِ  أَنِّي أَذْبَحُكَ  فَانْظُرْ  مَاذَا  تَرَى  قَالَ  يَاأَبَتِ  افْعَلْ مَا تُؤْمَرُ  سَتَجِدُنِي  إِنْ شَاءَ اللهُ  مِنَ الصَّابِرِينَ.  فَلَمَّا أَسْلَمَا  وَتَلَّهُ  لِلْجَبِينِ. وَنَادَيْنَاهُ  أَنْ يَاإِبْرَاهِيمُ.  قَدْ صَدَّقْتَ  الرُّؤْيَا  إِنَّا كَذَلِكَ  نَجْزِي الْمُحْسِنِينَ.  إِنَّ هَذَا  لَهُوَ الْبَلاَءُ  الْمُبِينُ. وَفَدَيْنَاهُ  بِذِبْحٍ  عَظِيمٍ.

Artinya: “Maka tatkala anak itu sampai {Layak/sanggup} berusaha bersama-sama Ibrahim, Ibrahim berkata :  Hai anakku sesungguhnya aku melihat dalam mimpi bahwa aku menyembelihmu.

Maka fikirkanlah apa pendapatmu. Nabi Ibrahim menjawab: Hai bapakku, kerjakanlah apa yang diperintahkan kepadamu, insya Allah kamu akan mendapatiku termasuk orang-orang yang sabar.

Tatkala keduanya telah berserah diri dan Ibrahim membaringkan anaknya diatas pelipisnya (nyatalah kesabaran keduanya).

Dan Kami panggillah dia: Hai Ibrahim, sesungguhnya kamu telah membenarkan mimpi itu, sesungguhnya demikianlah Kami memberi balasan kepada orang-orang yang berbuat baik.

Sesungguhnya ini benar-benar suatu ujian yang nyata. Dan Kami tebus anak itu dengan seekor sembelihan yang besar.”


Surat al-Hajj ayat 36 Allah berfirman:

وَالْبُدْنَ  جَعَلْنَاهَا  لَكُمْ  مِنْ  شَعَائِرِ  اللهِ

Artinya : “Dan telah Kami jadikan untuk kamu unta-unta itu sebagian dari syi`ar Allah."

Surat Al-Kautsar Ayat  1 Sampai 2

إِنَّا  أَعْطَيْنَا كَ  الْكَوْثَرَ  فَصَلِّ  لِرَبِّكَ  وَانْحَرْ

Artinya : Sesungguhnya Kami telah memberikan karunia sangat banyak kepadamu, maka sholatlah untuk Tuhanmu dan sembelihlah kurban.

Surat Al-Hajj Ayat 37

لَنْ يَنَالَ  اللَّهَ  لُحُومُهَا  وَلا  دِمَاؤُهَا  وَلَكِنْ  يَنَالُهُ  التَّقْوَى  مِنْكُمْ

Artinya : Daging-daging kurban dan darahnya itu sekali-kali tidak dapat mencapai (keridhaan) Allah, tetapi Ketakwaan dari kamulah yang dapat mencapainya.


Surat Al-Hajj Ayat 36


فَكُلُوا  مِنْهَا  وَأَطْعِمُوا  الْقَانِعَ  وَالْمُعْتَرَّ

Artinya : Maka makanlah sebagiannya (daging kurban) dan berilah makan orang yang merasa cukup dengan apa yang ada padanya (orang yang tidak meminta-minta) dan orang yang meminta.

Hadist -hadist Yang Berkaitan dengan Kurban.

Hadist  Riwayat Imam Muslim :

عَنْ  جَابِرٍ  قَالَ : قَالَ  رَسُوْلُ  اللهِ  ص لاَ تَذْبَحُوْا  اِلاَّ  مُسِنَّةً  اِلاَّ  اَنْ يَعْسُرَ  عَلَيْكُمْ  فَتَذْبَحُوْا  جَذَعَةً  مِنَ  الضَّأْنِ . مسلم 

Artinya : Dari Jabir, ia berkata : Rasulullah SAW bersabda, Janganlah kamu menyembelih untuk qurban melainkan yang Musinnah (telah berganti gigi) kecuali jika sukar didapati, maka boleh kamu menyembelih jadza'ah {yang berumur satu tahun} dari kambing. [HR. Muslim]

Hadist Riwayat Imam Muslim :

عَنْ اُمّ  سَلَمَةَ  اَنَّ  النَّبِيَّ  ص قَالَ : اِذَا  رَأَيْتُمْ  هِلاَلَ  ذِى اْلحِجَّةِ  وَ اَرَادَ  اَحَدُكُمْ  اَنْ يُضَحّيَ  فَلْيُمْسِكْ  عَنْ  شَعْرِهِ  وَ اَظْفَارِهِ . مسلم 

Artinya : Dari Ummu Salamah, bahwasanya Nabi SAW bersabda, Apabila kalian sudah melihat hilal bulan Dzulhijjah, dan seseorang diantara kalian ingin berqurban, maka hendaklah ia menahan rambut dan kukunya [HR. Muslim]

Hadist Riwayat Ibnu Majah :

حَدَّثَنَا عَبْدُ الرَّحْمَنِ بْنُ إِبْرَاهِيمَ الدِّمَشْقِيُّ حَدَّثَنَا عَبْدُ اللَّهِ ابْنُ نَافِعٍ حَدَّثَنِي أَبُو الْمُثَنَّى عَنْ هِشَامِ بْنِ عُرْوَةَ عَنْ أَبِيهِ عَنْ عَائِشَةَ أَنَّ النَّبِيَّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ مَا عَمِلَ ابْنُ آدَمَ يَوْمَ النَّحْرِ عَمَلًا أَحَبَّ إِلَى اللَّهِ عَزَّ وَجَلَّ مِنْ هِرَاقَةِ دَمٍ وَإِنَّهُ لَيَأْتِي يَوْمَ الْقِيَامَةِ بِقُرُونِهَا وَأَظْلَافِهَا وَأَشْعَارِهَا وَإِنَّ الدَّمَ لَيَقَعُ مِنْ اللَّهِ عَزَّ وَجَلَّ بِمَكَانٍ قَبْلَ أَنْ يَقَعَ عَلَى الْأَرْضِ فَطِيبُوا بِهَا نَفْسًا

Artinya : “Tidak ada amalan yang dikerjakan anak Adam ketika hari (raya) kurban yang lebih dicintai oleh Allah Azza Wa Jalla dari mengalirkan darah, sesungguhnya pada hari kiamat ia akan datang dgn tanduk-tanduknya, kuku-kukunya & bulu-bulunya. 

Dan sesungguhnya darah tersebut akan sampai kepada Allah Azza Wa Jalla sebelum jatuh ke tanah, maka perbaguslah jiwa kalian dengannya.” [HR. ibnumajah No.3117].

Hadist Riwayat Ibnu Majah :


حَدَّثَنَا  مُحَمَّدُ  بْنُ  خَلَفٍ  الْعَسْقَلَانِيُّ  حَدَّثَنَا  آدَمُ  بْنُ  أَبِي إِيَاسٍ  حَدَّثَنَا  سَلَّامُ  بْنُ  مِسْكِينٍ  حَدَّثَنَا  عَائِذُ  اللَّهِ  عَنْ  أَبِي  دَاوُدَ  عَنْ  زَيْدِ  بْنِ  أَرْقَمَ  قَالَ  قَالَ  أَصْحَابُ  رَسُولِ  اللَّهِ  صَلَّى اللَّهُ  عَلَيْهِ  وَسَلَّمَ  يَا رَسُولَ اللَّهِ  مَا هَذِهِ الْأَضَاحِيُّ  قَالَ  سُنَّةُ أَبِيكُمْ  إِبْرَاهِيمَ  قَالُوا فَمَا لَنَا فِيهَا يَا رَسُولَ اللَّهِ  قَالَ بِكُلِّ شَعَرَةٍ  حَسَنَةٌ   قَالُوا فَالصُّوفُ  يَا رَسُولَ اللَّهِ قَالَ  بِكُلِّ شَعَرَةٍ مِنْ  الصُّوفِ حَسَنَةٌ


Artinya : Berkata kepada kami Muhammad bin Khalaf Al ‘Asqalani, berkata kepada kami Adam bin Abi Iyas, berkata kepada kami Sullam bin Miskin, berkata kepada kami ‘Aidzullah, dari Abu Daud, dari Zaid bin Arqam,

Berkata para sahabat Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam: “Wahai Rasulullah, hewan qurban apa ini?”

Rasulallah: Ini adalah sunah bapak kalian, Ibrahim.” Mereka berkata: “Lalu pada hewan tersebut, kami dapat apa wahai Rasulullah?

Beliau bersabda: “Pada setiap bulu ada satu kebaikan.Mereka : Bagaimana dengan shuf (bulu domba)?” Beliau bersabda: “Pada setiap bulu shuf ada satu kebaikan. [HR, Ibnu Majah]

Mungkin hanya itu yang dapat kami rangkum, dan tidak menutup kemungkinan dalil Al-Qur'an dan dalil Hadist diatas ada kekeliruan baik dalam segi makana maupun penulisan.

Kami mohon maaf yang sebesar-besarnya, semoga bermanfaat dan barokah. Terimakasih.

0 Response to "Dalil-dalil Perintah Melakukan Kurban Dalam Al-Qur'an Dan Hadist"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Close2X